Menghilangkan grogi pada saat berpidato dan presentasi

Tips menghilangkan grogi pada sa'at berpidato

Tips menghilangkan grogi pada sa’at berpidato . Mungkin Sobat-Sobat pernah mengalami panas dingin sa’at Sobat hendak berbicara di depan umum/banyak orang, atau Sobat pernah lihat teman Sobat mengalami hal yang semacam itu semua itu hanya karena Sobat grogi sa’at mau menyampaikan kata yang Sobat  ucapkan sehingga mulut Sobat kesulitan untuk mengucapkan kalimat. Atau bahkan Sobat pernah di tertawakan karena semua yang keluar dari mulut Sobat jadi sebuah lelucon , Tapi itu tidak seberapa yang lebih buruk lagi ketika Sobat tidak punya keberanian untuk berbicara di depan umum, hanya karena Sobat takut mengalami hal buruk menimpah Sobat sa’at berbicara di depan umum.kalo gitu kali ini saya akan berbagi Tips Mengatasi Grogi atau minder sa’at Sobat akan berbicara di depan umum,silahkan simak tips yang berikut ini:

Ketenangan
Sebagian besar orang tidak jelas mengucapkan kata-kata yang di ucapkan itu di karenakan grogi mereka tidak tenang dan cenderung cepat seakan dikejar sesuatu. Padahal sebenarnya cukup santai saja dengan cara : Atur nafas dengan baik, tariklah nafas perlahan sa’at Sobat hendak mengucapkan kalimat dan jangan pernah mengucapkan kata sa’at Sobat hendak menarik nafas .

Hindari melihat Mata
Kebanyakan orang yang grogi di panggung disebabkan karena pengaruh terlalu banyak sorot mata yang memperhatikan, kalau misalkan sobat tidak kuat melihat sekian ribu mata tak perlu melihat matanya tapi lihatlah atas kepala.

Berdo’a
Banyak do’a agar kita lancar sa’at berbicara di depan umum,terutama do’a yang berlafal “Robbi Sohri Sobri waya Sirli amri ,,,dst”  di ucapkan sebelum membuka acara atau pidato dan sebaginya.

Percaya Diri
Tips lainya yaitu percaya diri (PD), orang yang tidak (PD) tidak akan mudah untuk mengtasi Grogi karena terlalu sibuk memikirkan penampilan, jika sobat ingin menghilangkan grogi, hilangkan rasa tidak percaya diri pada diri sobat , tidak perlu memikirkan penampilan sa’at berbicara yang harus sobat pikirkan adalah kata yang sobat bicarakan bukan penampilan.

Giat berlatih
Ini yang paling penting yang harus sobat lalukan karena segala sesuatu akan berjalan dengan lancar bila sobat giat berlatih. adapun caranya sobat bisa berbicara di depan cermin atau apalah yang sobat anggap seakan-akan sobat berbicara di depan orang banyak dan perhatikan apa yang kurang kemudian perbaiki dan untuk materinya sobat bisa buat sendiri kalo tidak bisa ya beli di toko buku atau yang lainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: