Festival makanan yang unik di dunia

Banyak cara yang di lakukan setiap Negara untuk menarik wisatawan, dimana salah satunya dengan menggelar festival termasuk festival makanan. Dengan cara festival makanan yang mampu menyita perhatian turis-turis tersebut, di agendakan setiap tahunnya. Apalagi jika kemasannya memang sangat unik dan spektakuler. Kini berbagai Negara berlomba terus menciptakan penampilan yang baru dan menarik untuk festival makanan di daerahnya. Dan berikut adalah beberapa festival makanan yang unik di dunia.

1. Festival Lemon, Prancis

festival-lemon-perancis

Festival lemon merupakan salah satu festival makana unik dan terbilang klasik di dunia. Festival yang di adakan di Menton, Prancis telah berlangsung sejak tahun 1929 ketika kota tersebut menjadi produsen utama lemon bagi sebagian besar negara di dunia. Pada awalnya festival ini menyuguhkan festival bunga dan hasil dari kebun jeruk serta lemon yang di selenggarakan di hotel Riviera. Karena berlangsung sukses, perayaan ini rutin di gelar dari tahun ke tahun. Sejak tahun 1934, festival ini berubah nama menjadi lemon festival atau dalam bahasa Prancisnya Fête du Citron. Pembangunan patung yang terbuat dari lemon dan jeruk serta parade kendaraan di hiasi lemon menjadi pembuka di festival ini. Bahkan untuk festival ini, sedikitnya membutuhkan 145 ton jeruk dan lemon untuk membuat patung dan replika lainnya. Sebagai penutup festival unik ini, selalu di lakukan pesta kembang api yang di nyalakan di perairan Teluk Mediterania.

2. Festival Lobak, Meksiko

festival-lobak-mexico

Festival makanan unik selanjutnya yang telah menyita perhatian negara-negara di dunia adalah festival lobak di Meksiko. Festival di Oaxaca ini sudah berlangsung sejak abad ke-16. Pada awalnya, festival  yang di kenal dengan nama Noche de los Rábanos ini, di lakukan para biarawan Spanyol yang ingin memperkenalkan lobak ke masyarakat setempat. Untuk menarik minat pembeli, penjual lobak pun mengukir lobaknya menjadi patung-patung kecil yang unik. Walaupun terus di langsungkan setiap tahun, Noche de los Rábanos baru resmi menjadi festival yang menarik perhatian dunia pada tahun 1987. Kini festival lobak di lakukan warga lokal Oaxacans sebagai bagian dari perayaan Natal.

3. Festival Bawang, Amerika

festival-bawang-amerika1

Festival makanan unik juga berlangsung di California , Amerika Serikat. Tepatnya di kota Gilroy yang merupakan kota penghasil bawang terbesar di dunia. Bukan saja jumlah pengunjung yang setiap tahunnya mencapai 100 ribu orang ketika festival bawang berlangsung, Tapi jumlah bawang yang di pergunakannya pun selalu bertambah karena bertambahnya kreasi yang di lakukan peserta festival. Setelah festival ini berlangsung hingga yang 29 kali sudah 27 ton bawang putih yang di gunakan dalam festival atau rata-rata minimal 2,5 ton bawang putih setiap pelaksanaan festival. Kini di festival bawang Gilroy, berbagai macam olahan makanan dengan bahan dasar bawang bisa di temui, seperti es krim, minuman ringan, hingga roti tart. Selain itu, di festival ini juga selalu di isi berbagai seminar kesehatan seputar manfaat bawang bagi kesehatan.

4. Festival Perang Jeruk, Italia

festival-perang-jeruk-italia

Selanjutnya festival makanan unik yang telah mendunia adalah Battaglia delle Arance atau festival perang jeruk di Ivrea, Italia. Festival ini sendiri sudah berlangsung sejak abad ke-12. Seperti halnya festival La Tomatina atau  perang tomat di Spanyol, peminat Battaglia delle Arance datang dari negara-negara Eropa lainnya. Tradisi lempar jeruk ini di lakukan para gadis di atas balkon pada pemuda yang sedang berjalan di bawah. Tujuannya agar sang gadis di perhatikan pemuda tersebut. Acara yang berlangsung selama 3 hari tersebut biasanya di gelar bulan Februari setiap tahunnya. Tak tanggung-tanggung, 400 ton jeruk selalu di gunakan dalam festival ini. Konon asal usul dari festival ini dari pemberontakan rakyat terhadap raja dengan membuang makanan ke jalan. Dulu aksi lempar dari atas balkon ini menggunakan apel dan kacang-kacangan. Namun terus berubah menggunakan makanan lain, hingga saat ini menggunakan jeruk. Karena telah menjadi festival yang menarik wisatawan, kini di buat peraturan bagi yang akan mengikutinya. Setiap tim menggunakan seragam berbeda. Pemain berpakaian penjaga melempar jeruk di atas kereta, dan Sembilan tim rakyat membalas  lemparan para penjaga tersebut. Keputusan pemenang di tentukan juri festival berdasarkan teknik melempar, kostum, dan juga lemparannya berhasil mengenai sasaran dengan tidak mengenai kuda penarik kereta yang di gunakan penjaga.

5. Festival Tembak Kacang, Inggris

festival-tembak-kacang-inggris

Festival unik terakhir yang melibatkan makanan adalah festival tembak kacang. Festival ini di gelar di Witcham, Cambridgeshire, Inggris. Festival ini di awali oleh seorang kepala sekolah lokal bernama Tyson yang menggelar perlombaan menembak kacang menggunakan sedotan pada tahun 1971. Perlombaan di adakan dalam rangka menggalang dana untuk pemeliharaan bangunan milik publik. Di luar dugaan, festival ini mendapat perhatian dari warga sekitar. Bahkan kini peminatnya sudah datang dari berbagai daerah di Inggris Raya. Karena semakin di minati, festival ini berubah menjadi perlombaan.

Itulah beberapa festival makanan unik yang ada di dunia. Festival-festival makanan tersebut merupakan sebuah tradisi unik yang di jadikan daya tarik pariwisata oleh negaranya, sehingga banyak wisatawan yang datang ke festival tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: