Cara mudah membuat karikatur

cara mudah buat karikatur

Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut.Karikatur dibedakan dari kartun karena karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial.Orang yang membuat karikatur disebut sebagai karikaturis.
Demikian cuplikan tentang karikatur sekarang mari kita kembali ke topik ,kali ini saya akan sedikit berbagi tips dan trik tentang membuat karikatur dengan photoshop langsung saja ikuti cara-cara di bawah ini:


1. Buka gambar yang ingin dikarikaturkan di photoshop (Ctrl + O).
2. kita perlu melakukan proses cropping atau menghapus background gambar dengan menggunakan pen tool.
3.Untuk melakukannya, saya menggunakan Healing brush tool.
4. Sekarang objek telah siap untuk dikarikaturkan. Pada menu bar, pilih filter > Liquify (Alt + Ctrl + X)
5. Pada jendela Liquify, disebelah kiri layar akan ada tool-tool yang bisa sobat gunakan untuk memanipulasi bentuk dari sebuah objek. Namun pada tutorial kali ini, kita cukup hanya menggunakan dua saja, yaitu Forward warp Tool(W) untuk menarik objek, dan Bloat Tool (B) untuk menggelembungkan objek. Silahkan bereksperimen sendiri untuk mengetahui fungsi dari tool-tool lain pada jendela liquify.
6. Pilih Forward Warp Tool(W) lalu klik dan drag bagian mulut dari objek. atur besar cursor berbentuk lingkaran dengan menekan tombol [ (untuk memperkecil) dan ] untuk memperbesar.
7. Gunakan Bloat Tool (B), lalu perbesar dan posisikan sapuan kuas sesuai bagian objek yang anda edit kemudian klik dan tahan. Maka bagian bibir objek akan menggelembung.
8. Kembali ke Forward Warp Tool untuk memperkecil bagian leher sehingga menciptakan kesan karikatur pada objek. Klik pada ok karena kita sudah selesai bermain dengan liquify.
9. Pilih layer objek karikatur yang telah dipermak lewat liquify tadi, kemudian pada menu bar, pilih Image > Adjustment > exposure. Kita menggunakan exposure untuk menciptakan kesan kontras shadow pada objek. Atur nilai pada pop up window dari exposure
10. Kemudian pada menu bar, klik filter > filter gallery. Maka akan terbuka jendela baru pada area kerja photoshop sobat. Untuk jenis filter pilih Dry Brush, lalu atur nilai brush size. Langkah ini dilakukan untuk memberikan kesan artistic pada gambar karikatur kita.
11. Sekarang kita mulai merias wajah dengan menggunakan Burn Tool (O), sapukan kuas burn tool ke bagian-bagian yang terlihat gelap dari wajah.
12. Kebalikan dari Burn Tool, sekarang kita akan memperputih bagian-2 terang dari wajah dengan menggunakan dodge tool (O). Hentikan sapuan kuas jika nilai kontras dan artistic pada gambar sudah dirasa cukup.

Demikian tips dan trik cara mudah membuat karikatur versi Belajar Untuk Berbagi gimana kalo versi sobat-sobat mungkin jawabanya di kolom coment aja ya..

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: