Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Diet Sehat

Diet Sehat

Apakah ada pesta yang harus Anda hadiri seminggu lagi? Dan Anda ingin gaun pesta yang akan dipakai nanti akan lebih sempurna jika tubuh sedikit lebih langsing dari sekarang. Jangan khawatir, ada cara cepat dan aman untuk menurunkan badan hanya dalam satu minggu. Dengan melakukan diet sehat, berat badan Anda akan turun kurang lebih 1,5 kg dalam satu minggu. Berikut ini tipsnya:

1. Menambah Waktu Olahraga

Jika Anda memiliki jadwal olahraga yang rutin, saatnya menambahkan porsi dan waktu berolahraga. Bagi Anda yang tidak memiliki jadwal rutin, segeralah berolahraga. Mulailah dengan berjalan kaki atau mungkin jogging selama 40 menit dalam 5 hari, ini akan membantu Anda mengurangi berat badan, serta badan akan terasa lebih bugar. Karena olahraga dapat membantu Anda meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

2. Hindari Minuman Bersoda

Di dalam sebotol kecil minuman bersoda terdapat 250 kalori yang semuanya berasal dari gula. Selain itu, di dalam minuman soda tidak terdapat vitamin. Wanita yang terlalu sering minum minuman bersoda akan lebih besar kemungkinannya terkena obesitas, diabetes atau osteoporosis.

3. Lupakan Junk Food

Fast food adalah musuh besar program diet Anda, maka dari itu hindari makanan ini ketika berdiet. Makanan cepat saji sarat akan kalori yang kebanyakan berasal dari lemak. Bahkan, satu porsi makanan cepat saji terutama yang jenis junk food mengandung seluruh jumlah kalori yang kita butuhkan dalam satu hari. Jangan konsumsi makanan cepat saji dan berat badan Anda akan berkurang dalam seminggu.

4. Kurangi Porsi Makan

Tentu sangat sulit bagi Anda untuk mengurangi porsi makan. Oleh karenanya, Anda bisa langsung menyisihkan setengah porsi makanan dari piring. Tetaplah berpegang pada porsi makan yang lebih kecil. Anda sebaiknya mengurangi jatah porsi makan Anda, bukan mengurangi jumlah asupan nutrisi yang masuk. Perhatikan bedanya.

5. Makanlah Lebih Sering

Makan empat atau lima kali sehari dalam porsi kecil akan membantu metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Dengan makan lebih sering dalam porsi kecil akan membuat Anda tidak merasa lapar sehingga mencegah rasa lapar dan hasrat makan yang berlebihan.

6. Perbanyak Buah dan Sayur

Jika Anda serius ingin menurunkan sedikit berat badan dalam seminggu, salah satu cara yang yang dapat dilakukan selain menambah kuantitas makan adalah memperbanyak buah dan sayur . Anda bisa mengganti keripik kentang atau cokelat dengan buah dan sayur. Dengan begitu tidak hanya berat badan Anda yang turun tetapi tubuh juga mendapatkan nutrisi sehat.

7. Minumlah Sebelum Makan

Minumlah air putih 5-10 menit sebelum makan agar dapat mengurangi rasa lapar. Dengan minum air putih sebelum makan, Anda akan dapat mengurangi porsi makan. Dengan memperbanyak minum air putih dapat juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

8. Cari Aplikasi yang Membantu Program Diet

Sekarang ini banyak aplikasi yang bisa didownload secara gratis maupun berbayar, untuk memudahkan Anda menjalani program diet sehat dimanapun dan kapanpun.

9. Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Solusi jika ingin langsing dalam waktu cepat adalah mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini memerlukan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi karena sulit dicerna, tubuh jadi menggunakan banyak energi yang berguna mengurangi kalori. Nasi merah, kentang (rebus), kacang-kacangan dan roti gandum termasuk dalam kelompok karbohidrat kompleks yang kaya serat.

10. Hindari Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng sangat berpotensi menyimpan lemak trans yang bisa meningkatkan kolesterol dan menyebabkan penimbunan lemak berlebihan di dalam tubuh. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus, panggang, pepes, kukus atau sup.

Jangan lupa untuk mengukur berat badan sebelum dan sesudah diet untuk mengetahui hasil kerja keras Anda. Ingat, seberapa kecil kecurangan yang Anda lakukan, misalnya diam-diam makan di malam hari, bisa menghancurkan seluruh usaha diet Anda. Meskipun Anda bisa kurus dalam waktu singkat, namun ingat jangan sampai program diet Anda membuat Anda jatuh sakit. Kunci utamanya adalah dengan tetap memenuhi nutrisi tubuh dan menyeimbangkan dengan proses metabolisme secara maksimal.

Sumber: Dikutip dari All Women Stalk.

Comments
4 Responses to “Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu”
  1. Red mengatakan:

    tambahan:

    1. hindari susu dan semua produk susu
    2. makan buah atau jus buah eksklusif di pagi hari
    3. makan sayur / jus sayur di siang hari kemudian tambahkan sedikit karbo dan daging
    4.jangan makan diatas jam 19.00

  2. Rendra mengatakan:

    Makasih gan infonya, saya akan coba deh, soalnya badanku kurang berisi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: