Perbandingan Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo

Cristiano-Ronaldo-dan-Lionel-Messi

Selamanya, Lionel Messi kerap dibanding-bandingkan dengan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Perdebatan mengenai siapa yang terbaik di antara keduanya akan selalu menjadi topik pembicaraan yang tidak akan pernah usai. Apalagi, keduanya, bersama Andres Iniesta, menjadi calon kuat peraih FIFA Ballon d’Or tahun ini. Namun, perdebatan tersebut tidak seperti perdebatan antara telur dan ayam. Perdebatan tersebut bisa dijawab oleh statistik perbandingan keduanya sepanjang tahun ini. Mengacu pada jumlah gol, sudah jelas bahwa Lionel Messi jauh lebih unggul dibandingkan Ronaldo. Jika tahun ini The Messiah sudah mencetak 90 gol, CR7 baru mencetak 63 gol. Pembeda lainnya adalah, Ronaldo mencetak 23 gol melalui tendangan penalti sedangkan Messi cukup dengan 14 gol.


Apa yang membuat torehan gol Messi jauh lebih banyak dibandingkan Ronaldo? Jawabannya adalah efektivitas. Kualitas skil keduanya berbeda tipis cenderung setara namun, Messi memiliki efektivitas yang lebih baik dibandingkan Ronaldo. Ronaldo melepaskan 7,3 tembakan per pertanidngan di La Liga musim ini. Hasilnya, Ronaldo menciptkan 14 gol dari 16 penampilan sebagai starter. Bandingkan dengan Messi yang hanya melepaskan 5,2 tembakan per pertandingan namun dia mencetak 25 gol dari 15 penampilan sebagai starter di La Liga musim ini.
Tugas utama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sama yaitu, mencetak gol. Namun, Lionel Messi cenderung tidak serakus Ronaldo. Messi adalah tipikal pemain tim yang kerap memberi rekan-rekannya kesempatan untuk mencetak gol dan membantu pertahanan.
Sedangkan, Ronaldo seolah membuat sepakbola sebagai olahraga individual. Baik Manchester United dan Real Madrid memusatkan serangan pada Ronaldo. Pria Portugal tersebut juga cenderung enggan membantu pertahanan tim sehingga membuat posisi yang dia tinggalkan kerap menjadi sasaran lawan. Ronaldo juga membuat pemain seperti Wayne Rooney dan Karim Benzema tenggelam dalam urusan mencetak gol.
Perbandingan jumlah assist mereka tahun ini sangat mempertegas hal tersebut. Sepanjang 2012, Messi sudah memberi 24 assist sedangkan Ronaldo baru setengahnya.
Sumbangsih untuk tim nasional juga bisa menjadi pembeda jelas keduanya. Pada Euro 2012 lalu, Ronaldo memang berhasil membawa Portugal ke semifinal. Namun, Ronaldo hanya tampil brilian ketika menghadapi Belanda di putaran grup.
Di tiga pertandingan lainnya, penampilan Ronaldo termasuk buruk. Di luar Euro, Ronaldo baru mencetak 5 gol dari 13 pertandingan. Secara kontras, Messi bermain sembilan kali untuk Argentina tahun ini, mencetak sembilan gol, termasuk hattrick ke gawang Brasil.

Tribunnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: